Personal Blog Agus Susanto, Berbagi Info Wisata, Bola, Kesehatan, Teknologi, Belajar Ngeblog,Tips dan Trik

Tuesday, April 2, 2013

Wisata Danau di Jawa Barat ~ 1

Susanto Wisata – Katalog Obyek Wisata Indonesia


Wisata Danau di Jawa Barat ~ 1


 


Jawa Barat kaya akan wisata danau. susunan geografis yang berwujud gunung dan perbukitan menambah eksotiknya wisata danau di Jawa Barat. nama, ada beberapa nama yang dipakai terkait asal-usul danau itu sendiri. Namun bagi yang bukan orang Sunda, Mayoritas menyebut semuanya satu kata: danau. berbasickan penduduk setempat, danau-danau itu ada yang dinamakan situ, telaga/talaga, danau, maupun waduk. fisik, semuanya b dikatakan sama, ialah genangan air raksasa di tengah pulau.


Apa saja wisata danau yang ada di Jawa Barat? selanjutnya ialah ulasannya:



  1. Situ Lengkong, Panjalu. Terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis. Luasnya sekitar 58 hektar sesuatu pulau berada di tengahnya. Pulau tersebut dinamakan Nusa Gede. Di paulau itu terdapat peninggalan purbakala dan petilasan Kerajaan Hindu Panjalu. Bandung, jaraknya sekitar 100km kea rah Timur.

  2. Situ Bagendit. berlangsungkan di kabupaten Garut, berjarak 13 km pusat kotanya. Tepatnya di kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut.  Nama Bagendit diambil legenda delegasi Ronggeng Baged dan Nyi Endit. Wisata yang bisa anda coba diantaranya berlayar memakai rakit bamboo, sepeda air, kano, jetski dan memancing. Setiap tahun, pemda kabupaten Garut mengadakan festival Situ Bagendit.

  3. Waduk Darma. Terletak di kecamatan Darma, Kuningan, 37 km Cirebon. Tiap tahun diadakan festival wisata membuat tampil kesenian tradisional khas Kuningan.

  4. Telaga Ramis. Terletak di kaki Gunung Ciremai Cirebon. Tepatnya di kampung Kaduela, kecamatan Mandirancan, kabupaten Kuningan. pusat kota, jaraknya skitar 37 kilometers. Telaga ini luasnya sekitar 13 hektar dikelilingi Taman rimba WIsata.

  5. Situ Buleud. ialah landmark dan ikon pariwisata kebanggan Masyarakat Purwakarta. Tepatnya di kampong Situ, desa nagri Kaler, kecamatan Purwakarta. Nama Buleud diambil bentuknya yang nyaris bulat sempurna. Buleud ialah bhs sundanya bulat.

  6. Situ Gunung. Tertelak di kabupaten Sukabumi. Di  Situ Gunung, anda bisa nikmati camping ground, playground, dan telah disiapkan penginapan untuk nikmati sejuknya udara pegunungan.

  7. Situ Mustika. ruangl seluas 5 hektar dan ada sesuatu pulau di tengahnya. Resmi dibuka Selayak wana wisata (rimba wisata) sejak tahun 1985. Ada sepeda air untuk rekreasi atau sekedar bertuaang di rimba wisatanya.Terletak di kecamatan Cisaga, Kota Banjar, 27 km Ciamis.

  8. Situ Cangkuang. Berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Di tengah Situ ini terdapat candi yang dinamakan cocok atau sepadan tempatnya, ialah Candi Cangkuang. Nama Cangkuang sendiri diambil nama pohon cangkuang (Pandanus Furcatus) yang ada di sekitar situ dan tetap ada hingga sekarang ini. Candi Cangkuang waktu kerajaan Sunda pertama, kerajaan Galuh yang menganut agama Hindu. tidak jauh Situ, terdaapt makam penyebar agama Islam kerajaan Mataram Islam mempunyai nama Arif Muhammad yang meninggal di abada 17. Luas Situ cangkuang sekitar 340ribu hektar.

  9. Situ Patenggang. Situ ini amat populer di Bandung. mempunyai letak di kaki Gunung Patuha, di  ketinggian 1600 meters dpl. luas ruang 150 hektar suhu rata-rata 17-23oC menjadikan Situ Patenggang Selayak tempat rekreasi yang romantic. Di tengah situ terdapat pulau yang menaruh cerita cinta legenda dan terdapat batu yang dinamakan batu cinta. Kota Bandung, Situ Patenggang berada 50 km di Dibagian selatan. Nama Patenggang mempunyai asal legenda tersebut yang memberi kabar cerita sepasang kekasih yang saling melacak dan selanjutnya bertemu di tempat tersebut. Patenggang diambil bhs Sunda Pateang-teangan yang bermakna asling melacak. Di kanan jiri jalan menuju Situ Patengah, anda bisa melihat hamparan rimba, perkebunan the, dan kebun strawberry.

  10. Telaga Warna. Terletak di kawasan wisata Puncak, Bogor.

  11. Danau Lido. Terletak di desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor. tempatnya unik, diapit dua gunung ialah Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Anda bisa bermain sepeda air, speedboat, maupun rakit motif naga. Di tengah danau terdapat pulau, umumnya yang ke pulau itu pada cari makanan. sarana lain di danau ini ialah ruang outbond yang dilengkapi Flying Fox. Ada juga olahraga udara yang dikelola Lido Aero Club berwujud terjun payung, aeromodelling, paramotor, paralayang, dan swayasa. Di dekat danau, ada penginapan Lido Lakes Hotel dan landasan untuk pesawat kecil.


bersambung…


Posting terkait Wisata Danau di Jawa Barat ~ 1


Wisata Danau di Jawa Barat ~ 3


23. Situ Cijawura.Terletak di desa Kertajati, kecamatan Kertajati, kabupaten Majalengka. 28 km pusat kota Majalengka. Luasnya sektiar 45 hektar airnya mempunyai asal air …


Wisata Danau di Jawa Barat ~ 2


12. Situ Gede. Terletak di kelurahan Situgede, kecamatan Bogor Barat, kota Bogor tepat berDibagianan rimba Darmaga. rimba Darmaga dikelola badan Litbang Kerimbaan, Departemen …


Danau Sentani


Sentani menjadi primadona wisata baru di Papua Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua, tak cuma cantik fisik. Namun tetap ada banyak cerita …


Pulau Kakaban


Pulau Kakaban terhitung pulau favorit wisatawan di kawasan kepulauan Derawan. Pulau ini amat unik dan eksotis. Bagaimana tidak? Perhatikan saja photo udara. sesuatu pulau …


Taman Safari Puncak Bogor


Indonesia Selayak negara kepulauan dan kaya akan keanekaragaman hayati. Keragaman hayati berwujud flora dan fauna amat melimpah di Zamrud Khacatattiwa. Beraneka ragam tanaman bisa anda …


 


Liked this post? berbagi it!


 


 


Leave a Reply to this Post


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Wisata Danau di Jawa Barat ~ 1 bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:08 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment