Personal Blog Agus Susanto, Berbagi Info Wisata, Bola, Kesehatan, Teknologi, Belajar Ngeblog,Tips dan Trik

Tuesday, April 2, 2013

Ekowisata Air Tlatar Etasia

Susanto Wisata – Katalog Obyek Wisata Indonesia


Ekowisata Air Tlatar Etasia


 


ETASIA ialah kependekan Ekowisata Taman Air Indonesia. Etasia ialah taman buatan menggabungankan kekayaan alam di lereng gunung Merbabu keperluan alternative wisata penduduk modern. Tepatnya di Desa Kebonbimo, Boyolali, Jawa Tengah. tempatnya strategis di Jalan Tentara Pelajar, amat mudah dijangkau baik arah Solo/Surakarta maupun Semarang. Solo kurang lebih cuma diperlukan waktu 30 menit ekspedisi. Atau Apa bila Anda memakai angkutan umum bus Solo-Semarang, katakan saja turun di Umbul Tlatar. Tempat wisata ini sudah kondang saat dulu nama umbul tlatar.


ETASIA menempati lahan seluas 7 hektar dan menjadi istimewa gara-gara terdapat air mata artesis yang terpompa susunan batuan vulkanik dan menyemburkan air debit 650 liter/detik. Mata air inilah yang lazim dikenal sebutan Umbul Tlatar. Dalam bhs Jawa, umbul bermakna mata air alami.


Wisata air ETASIA bisa menjadi alternative wisata modern disamping beragam macam wahana air yang sudah ada layaknya air terjun bida atau waterboom. Bedanya, ETASIA mempunyai nilai tambah ialah Selayak wahana belajar spesialnya untuk anak sekolah. Di ETASIA anak-anak bisa bermain layaknya di sungai alami. ETASIA Rupanya sungai alami kedalaman maksimum 30cm sepanjang 50 meters. amat aman pastinya untuk anak-anak. Suasana layaknya ini sudah amat sukar ditemui di kota-kota besar. Suasana layaknya ini bak merasakan keindahan alam masa lalu pada waktu itu kerajaan majapahit.


ETASIA sendiri memang dikonsep berwawasan pendidikan, bukan sekedar tempat wisata hura-hura tema besar air. Di Samping anak sekolah, banyak wisatawan yang sengaja menyempatkan pergi ke ETASIA untuk sekedar melacak kedamaian dan ketenteraman jiwa. ETASIA resmi didesain pada tahun 1999. yg terlebih dahulu, umbul tersebut menjadi tempat wisata air “alami” saja.


Selayak tempat wisata mempunyai basis lingkungan dan pendidikan, ETASIA telah meneyediakan beragam wahana yang saying jika dilewatkan. selanjutnya diantaranya:



  1. pakaicehan. pakaicehan bermakna tempat bermain air dalam bhs jawa (Keceh=bermain air). Wahana ini layaknya sungai habitat ali berwujud udang, kepiting kali, serangga air, ikan wader, sumpil, keong dan lain-lain. basicnya berwujud batuan keras sehingga tak perlu khawatir Tergelincir. Air di pakaicehan ini aman untuk diminum, gara-gara asli pemberian Allah melewati lereng gunung Merbabu.

  2. Pemancingan. Apa bila Anda terhitung anggota Club Mancing Mania, cobalah sesekali memancing di ETASIA. Buktikan Selayak pemancing ulung, anda bisa mendapat ikan bawal raksasa. Tak jarang, pemancingan di ETASIA tampil di layar kaca.

  3. Tempat perjumpaan. Di tempat ini anda bisa kumpul bareng kawan kerja maupun komunitas untuk sekedar merasakan kean atau urusan pekerjaan. Banyak menu makanan menu utama ikan bisa anda pesan, layaknya ikan nila, bawal, gurameh, udang, lele, dan macam-macam beragam variasi bumbu hidangan. Ditambah view cocok atau sepadan selera anda, ETASIA mempromosikan keunikan spesifik. Anda bisa menjadi penentu view pakaicehan, pafreshan, dan lain-lain. Untuk keperluan masal, disiapkan ruang perjumpaan berkecakapan 100-0 orang beragam pilihan tempat dan view.

  4. Woodball Venue. Woodball ialah salah satu type olahraga yang aslinya mempunyai asal Taiwan. Wahana woodball ini cuma satu yang paling cantik dan berkelas internasional di Indonesia. Pernah juga menjadi host Woodball Internasional Championship tahun 07 dan 08. Jika tertantang, anda pun bisa mencari jalannya. Olahraga Woodball tidaklah sukar dibuat main. Coba saja.

  5. Kolam Renang. Terdapat 5 kolam renang beragam ukuran. Variasi kedalaman 30 hingga 80 cm tetap aman untuk anda yang tidak bisa berenang. Kolam renang di ETASIA dapat juga untuk kompetisi kejuaran.

  6. Terapi Spa Ikan (Fish Spa). Di wahana ini terdapat ikan Garra Ruffa yang banyak dipakai untuk terapi. Ikan type ini tidak mempunyai gigi. Ikan Garra Ruffa cuma melakukan hisapan permukaan kulit, gara-gara tak bergigi tentu tak akan melukai kulit. Fish spa diyakini bisa menyetop stroke, menghambat kepikunan, bikin rileks, dan sudah terbukti mengobati penyakit kulit psoriasis.

  7. Kali Bening. Bermain di sungai air bening ini umumnya disukai anak-anak. Airnya tidak dalam sehingga aman untuk bermain. Untuk outbound, kalibening juga mengajukan tantangan. Debit air di sungai ini konstan baik musim kemarau mupun hujan. Dan tak jarang, ada juga yang semedi di sungai ini.

  8. Entrepreneruship dan Outbound. guru pembimbingan kewirausahaan (entreprenurship) dibasici pada kenyataan bahwa bangsa Indonesia belum dapat juga melakukan saingan negara lain, bahkan asia tenggara sekalipun. berbasickan seorang sosiolog David McClelland, sesuatu negara akan makmur jika 2%  saja penduduknya menjadi entrepreneur. Tahun 2012, Indonesia baru mempunyai 1,56% wirausahawan yang yg terlebih dahulu cuma 0,18%. Idealnya, jumlah penduduk sekitar 230 juta penduduk semestinya ada 6juta menjadi entrepreneur. Selayak gambaran, persentasi jumlah penduduk yag jadi entrepreneur di Singapura 7,2%, Malaysia 5%, Jepang dan CIna 10%, Amerika lebih 12%.

  9. Laboratorium Alam dan Taman Hidrologi. Alam tidak semestinya dieksploitasi berlebihan. pada waktu itu keseimbangan alam sudah rusak maka akan datang bencana gara-gara ulah kita sendiri. Di laboratorium hidrologi ini anda bisa melihat langsung siklus perputaran air di alam.

  10. Pembangkit Listrik. Pembangkit listrik di ETASIA ialah salah satu wahana wisata iptek yang disiapkan. Terdapat pembangkit listrik tenaga surya (sel surya) dan 5 unit mikrohidro yang menggunakan supaya bermanfaat aliran air pegunungan. Unit mikrohidro tersebut bisa membuat hasil listrik sebanyak 20.000 Watt dan bisa dipakai untuk keperluan listrik di ETASIA layaknya penerangan, pengeringan, elektronik, dan lain-lain.

  11. Budidaya Alfalfa. Alfalfa ialah tanaman asli arab yang dibawa ke Andalusia di Spanyol hingga ke daratan Amerika. mempunyai manfaat amat banyak mulai pakan ternak hingga Penyembuhan dengan cara diberi obat herbal. Di Cina, alfalfa sudah dipakai utnuk Penyembuhan dengan cara diberi obat sejak abad 6 masehi. Untuk pakan ternak, alfalfa amat potensial jika dikelola supaya jadi lebih baik. Di ETASIA, anda bisa belajar teknologi dan budidaya alfalfa.


Apa bila Anda tinggal di Jabodetabek, tidak perlu khawatir gara-gara tetap mudah menjangkau ETASIA. penerbangan satu jam Jakarta ke Yogyakarta, Solo, atau Semarang. bandara Internasioanal Adi Soemarmo Solo ke ETASIA sekitar setengah jam. bandara Ahmad Yani Semarang sekitar 2 jam ekspedisi. Dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta sekitar 1 jam ekspedisi.


Untuk kenyamanan rekreasi, alangkah baiknya anda melakukan reservasi dulu terlebih di musim liburan sekolah. Anda bisa menghubungi nomor telepon ETASIA di (0276)322556 atau (0276)322551.


sumber photo: etasia[dot]situs atau blogspot[dot]com


Posting terkait Ekowisata Air Tlatar Etasia


Seaworld Indonesia


Indonesia ialah negara kepulauan lebih 17.504 pulau tersebar Sabang di Sumatra hingga Merauke di Papua. Rentang garis pantai terbujur sepanjang 81.290 km dan …


Wisata Bahari Lamongan


Wisata Bahari Lamongan. Lamongan ialah sesuatu kota satelit di Jawa Timur, tidak jauh Surabaya, tepatnya di Dibagian barat Surabaya. Lamongan mempunyai wisata pantai yang …


Air Terjun Bida


Nama Air Terjun Bida Buntutnya ini menarik perhatian peselancar didunia maya. Pecinta wisata alam spesialnya penikmat indahnya air terjun, banyak yang penasaran air …


Taman pandai Yogyakarta


Taman pandai ialah gagasan pemerintah kota Yogyakarta untuk memsaranai besarnya minat penduduk kepada ilmu dan pengetahuan. Gelar Kota Pelajar sedikit banyak mempengaruhi kebulatan tekad tempat wisata dan …


Jatim Park 1


Jatim Park atau Jawa Timur Park ialah wahana rekreasi dan edukasi baru di Propinsi Jawa Timur. berlangsungkan di sejuknya wilayah pegunungan Malang. Sekarang, tak perlu …


 


Liked this post? berbagi it!


 


 


Leave a Reply to this Post


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Ekowisata Air Tlatar Etasia bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:08 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment